SKDU di Tangerang Dihapus, Ganti Surat Keterangan Khusus

TANGERANG- DI TAHUN 2011, para pengusaha di Kota Tangerang tidak perlu lagi memperpanjang Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) di kantor kecamatan-kecamatan tempat domisili usahanya sebagai regulasi perizinan yang diterapkan Pemkot Tangerang.

“Regulasi ini sesuai Perda tentang Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang mengatur penghapusan SKDU yang ditetapkan pada 2010 lalu,” ungkap Bambang Johar Arifin, Kasi Ekbang Kecamatan Tangerang, Kamis (20/01/2011). Diakui sejak awal tahun ini, teriring mulai banyaknya masa berlaku SKDU perusahaan telah habis, Bambang terpaksa banyak memberi penjelasan hal ini kepada rekanan pengusaha.

“Bagi perusahaan yang bergerak di Kota Tangerang kini tidak perlu lagi membuat SKDU. Namun jika memang masih membutuhkan untuk keperluan mendesak lainnya, kami akan menerbitkan surat keterangan khusus,” katanya.

Surat keterangan khusus itu, di antaranya berisi informasi seperti SKDU namun tidak ada masa berlakunya dan ditambahkan tujuan penggunaan surat tersebut. “Misalnya untuk keperluan pengurusan dokumen di kantor pajak, jadi sifatnya terbatas,” jelas Bambang.

Diakuinya kebijakan ini diterapkannya karena ada beberapa permintaan dari masyarakat yang menginginkan dibuatkan SKDU, padahal SKDU sudah dihapuskan. Akan tetapi Peraturan Walikota (Perwal) Tangerang yang memuat petunjuk teknis (Juknis) dari Perda tersebut pun belum ada.

Kebijakan ini juga telah diterapkan di 13 kecamatan se- Kota Tangerang seperti di Kecamatan Neglasari, Jatiuwung, dan Benda dan lainnya.

6 thoughts on “SKDU di Tangerang Dihapus, Ganti Surat Keterangan Khusus

  1. Kalau untuk tarif, sebenarnya ada atau tidak ya?
    karena saya mencoba mengurus perpanjangannya itu dikenakan biaya oleh oknum kecamatan.
    Dan besaran biayanya sudah ditetapkan oleh mereka, tetapi tidak ada tanda terima.
    Bagaimana bisa seperti ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s