20 TAHUN TPA RAWA KUCING DAPAT TAMPUNG SAMPAH

TPA Rawa Kucing Kota Tangerang

KOTA TANGERANG, – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa kucing yang disediakan Pemerintah kota (Pemkot) Tangerang untuk menampung sampah-sampah hasil produksi masyarakat kota Tangerang, dikatakan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pemkot Tangerang, Karsidi masih sanggup untuk 20 tahun   kedepan.

 

Kadis DKP juga mengatakan, bahwa sebenarnya Pemkot Tangerang telah menyediakan dua lahan yang bisa dijadikan TPA, yang pertama adalah TPA Rawa Kucing dan yang kedua adalah TPA Jatiwaringin. Akan tetapi dikatakan Kadis, TPA Jatiwaringin untuk sementara belum dioperasikan dan dijadikan cadangan untuk saat ini.

“TPA Rawa kucing masih sangguplah menampung sampah kota Tangerang sampai 20 tahun kedepan, karena TPA ini memiliki luas hingga 34 hektar, selain itu pola penimbunan sampah juga dilakukan berbeda, sehingga dapat meminimalisir penggunaan ruang,” terang Kadis.

Hingga saat ini pola yang dipakai di TPA Rawa Kucing dikatakan Kadis sudah tidak lagi menggunakan pola Open Dumping, yakni setiap sampah yang diangkut oleh armada sampah, langsung diserakkan di TPA, sehingga TPA terkesan seperti tempat pembuangan akhir belaka, padahal mestinya tidak demikian, yakni TPA bukan tempat pembuangan melainkan tempat pengelolaan sampah.

“Saat ini telah mulai bertahap dilakukan pola Control Landfile, dimana sistem pengelolaan sampah dengan sistem sampah diserakkan, kemudian ditutupi tanah, lalu lapisan berikutnya ditaruh sampah lagi, kemudian permukaannya ditutupi tanah hingga beberapa lapisan ke atas,” terangnya kepada penulis.

Dengan diberlakukannya pola ini, maka diharapkan dapat memaksimalkan pemakaian lahan, sehingga prediksi umur TPA hingga 20 tahun kedepan dapat terealisasi. Selain adanya TPA, Pemkot juga menyediakan beberapa Tempat Pembuangan Sememtara (TPS) sampah disetiap Kecamatan. Sehingga sampah yang masih bisa diolah disaring terlebih dahulu ditempat ini, sebelum nantinya ditimbun di TPA rawa Kucing.

=====================================================

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s