Ex Narkoba Ikut Latihan Ketrampilan

TANGERANG, – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang mengirimkan delapan eks pecandu narkoba asal Kota Tangerang ke Ciseeng Bogor, Jawa Barat untuk mendapatkan pelatihan keterampilan yang nantinya bisa dijadikan sebagai pegangan hidup dan diberdayakan kembali dalam kehidupan bermasyarakat. Pengiriman tersebut merupakan yang kali pertama dilakukan pada Januari 2011 ini.

Hal ini disebabkan tingginya permintaan dari pihak terkait. Menurut Kepala Bidang (kabid) Rehabilitasi Dinas Sosial Kota Tangerang, Agus R Wahyudin, untuk tahun 2011 ini pihaknya hanya mengirimkan 8 orang eks narkoba. “Hanya delapan yang kami berangkatkan, padahal yang diminta dari balai pelatihan sebenarnya sepuluh orang,” ujarnya.

Agus menambahkan, untuk sisanya sedang dalam pencarian, sebab tidak mudah untuk mencari eks narkoba yang siap untuk dikirim ke Bogor untuk mendapatkan pelatihan. “Tidak mudah untuk mendapatkan para eks narkoba dan inilah yang terkadang menjadi kendala, sebab sebagian besar para eks narkoba tidak mau diekspose karena takut dengan berbagai hal,” katanya.

Para eks narkoba ini mendapatkan pelatihan keterampilan selama satu tahun di balai pelatihan, di mana berbagai macam keterampilan dberikan yang intinya untuk membekali para eks narkoba dalam menjalani kehidupannya. “Keterampilan tersebut di antaranya montir, bengkel, tukang dan perawatan kecantikan khusus wanita. Jika sudah menjalani pelatihan tersebut, maka mereka langsung bisa  dipekerjakan,”ungkapnya.

Sampai saat ini kata Agus, sudah 28 eks narkoba yang mendapatkan pelatihan dari total 50 eks narkoba yang didata untuk mendapatkan pelatihan. “Mereka yang mendapatkan pelatihan yakni yang lulus hasil seleksi. Bagi mereka yang belum lulus maka harus menunggu kesempatan yang akan datang,”imbuhnya.   *(TsR-Dn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s