Perda RTRW Tangerang 2010-2013, Akan Di Berlakukan

Peta Wilayah Kabupaten Tangerang

Tangerang – SINAR PAGI ***-Setelah direvisi oleh Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) Provinsi Banten, kini Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Tangerang 2010-2030 yang di kaji oleh Badan Koordinasi Tata Ruang Nasional (BKTRN) sudah disetujui oleh Ratu Atut Chosiyah selaku Gubernur Propinsi Banten, sehingga bulan ini sudah di berlakukan.

Menurut Akip Syamsudin, Kepala Dinas Tata Ruang Kabupaten Tangerang mengatakan, sebagaimana adanya rekomendasi Gubernur, maka RTRW Kabu­paten Tangerang 2010-2030 sudah sinkron dengan tata ruang Provinsi Banten.” Sehingga di harapkan bulan ini, Perda RTRW sudah bisa diberlakukan. Ini mengingat, masih banyak tahapan yang harus dilakukan. Kami harus membuat perda perda turunan dari RTRW ini,” katanya.
Adapun  untuk penerapanya lanjut Akip, pihaknya sudah membuat peraturan daerahnya. Dan Perda tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No15/2010 tentang Penyelenggaraan Tata Ruang. Sesuai PP tersebut, selambat-lambatnya 2 tahun perda-perda turunan RTRW sudah harus dibentuk. Di antaranya, Perda Rencana Rinci Tata Ruang (RRTR), Perda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), Perda Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL), dan Perda Zonasi Tata Ruang dan lainnya. ”Perda turunan RTRW ini akan lebih spesifik mengatur tata ruang. Misalnya RDTR dan zonasi yang mengatur secara detil per kecamatan,” terang Akip

Akip juga menambahkan bahwa, untuk RDTR pada Tahun ini pihaknya telah mengusulkan 4 kecamatan, sedangkan di APBD Pe­rubahan, sudah diusulkan 6 kecamatan. Sementara si­sa­nya yang terdiri dari 19 kecamatan, dilakukan pada 2012 men­dating. “ namun untuk membuat perda perda turunan, sebelumnya dilakukan setelah Perda RTRW yang disahkan oleh pusat.” imbuhnya.       ( ddang )

About these ads

Satu gagasan untuk “Perda RTRW Tangerang 2010-2013, Akan Di Berlakukan

  1. Terimakasih atas informasinya, kalau boleh tolong diemailkan gambar tataruang kabupaten tangerang yang besar agar bisa dilihat dengan jelas dan dijadikan patokan buat rakyat didalam melakukan pembangunan. Terimakasih.

    Wassalam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s