Akibat Peristiwa di Cikeusik, Kapolda Banten di Ganti

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Anton Bahrul Alam

JAKARTA- Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Anton Bahrul Alam, mengaku pencopotan Kapolda Banten terkait dengan peristiwa penyerangan jemaah Ahmadiyah di Cikeusik, Pandeglang, Banten. Dia mengatakan, kerusuhan  itu terjadi karena sistem keamanan di Polda Banten tidak berjalan.

“Memang ada beberapa alasan alasan lain terutama untuk kepentingan organisasi, supaya organisasi ini bisa berjalan  sehat dan lancar,” kata Anton di Mabes Polri Jakarta, Jumat (11/2).

Anton mengakui selama ini sistem keamanan tidak berjalan dengan baik di Polda Banten sehingga terjadi peristiwa penyerangan jemaah Ahmadiyah. “Ya, kita semua sudah tahu yang terjadi,” katanya.

Dalam Telegram Rahasia Nomor STR/105/II/2011, tertera Kapolda Banten, Brigjen Pol Kusnadi digantikan oleh Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Putut Eko Bayuseno. “Direncanakan hari Senin sudah serah terima,” jelas Anton.

Agus Kusnadi akan pindak ke Mabes Polri, sebagai Staf Ahli Kapolri bagian Analisis Kebijakan Keamanan. Tak hanya Kapolda Banten, Direktur Intel Polda Banten dimutasi menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Gadikwa Lemdikpol.

Sementara itu, Kapolres Pandeglang, AKBP Alex Fauzi Soeseno juga dicopot dari jabatannya. Alex dimutasi menjadi Pamen Sops Polri. Posisinya digantikan oleh AKBP Ady Soeseno yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Analis Dit Narkoba Polda Banten.

Tidak hanya kasus Ahmadiyah, pejabat polisi di Temanggung juga dicopot gara-gara kasus kericuhan pasca sidang penistaan agama dengan terdakwa Antonius Richmond Bawengan Selasa (8/2) lalu. Tadi malam, Kepala Kepolisian Resor Temanggung AKBP Anthony Agustinus Koylal secara mendadak dicopot jabatannya.

Koylal digantikan AKBP Kukuh Kalis yang sebelumnya menjabat Kapolres Rembang. Serah terima dipimpin langsung oleh Kapolda Jateng, Irjen Edward Aritonang di Aula Polres Temanggung  Jumat (11/02) malam.

Selain Kapolres Temanggung, kemarin Dandim 0706 Temanggung juga diganti. Letkol Kav Asep Ridwan secara resmi menyerahkan jabatannya kepada Letkol Inf Zainudin yang sebelumnya menjabat sebagai Pambandyalatsopos di Kodam IV Diponegoro. (zah/ton/zul/iro/sp)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s