Berbagai Agama dan Budaya di Kota Akhlaqul Karimah, Tetap Bersatu

Seni Budaya Cina di Kota Tangerang

KOTA TANGERANG ***- Masyarakat Tionghoa Tangerang yang dikenal dengan sebutan Cina Benteng hari Minggu (27/02)  menggelar acara untuk memperingati Cap Go Meh 2562 sekaligus dengan perayaan ulang tahun Kota Tangerang ke 18 .

Acara yang baru pertama kali diadakan masyarakat Cina Benteng itu dipusatkan di Vihara Tjong Tek Bio atau Mahabody yang terletak di Kecamatan Neglasari Kota Tangerang. Dalam Kirab yang merupakan acara puncak diadakan kirab yang diikuti ribuan orang melintasi beberapa ruas jalan utama di Kota Tangerang. Kirab tersebut juga menampilkan beberapa budaya Tionghoa seperti seni tari Barongsai dan Liong. Alhasil di sepanjang jalan yang dilalui, menumbuhkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat untuk menyaksikannya.

Walikota Tangerang H Wahidin Halim yang saat itu melepaskan long mars budaya Cina, sempat  juga mengikuti arak arakan tari Barongsai dan Liong Alhasil, yang cukup mengundang perhatian dan simpati masyarakat Kota Tangerang khususnya pengunjung yang berada di seputar  pinggiran sungai Cisadane hingga berakhir konvoinya di halaman Vihara Mahabody.

Menurut Ong Akiang, Ketua Pelaksana kirab tersebut mengatakan,  acara ini membuktikan bahwa diantara masyarakat Kota Tangerang yang beragam agama dan suku serta budayanya tetap terjalin toleransi yang tinggi. ” Ini bukti bahwa di Kota Tangerang kerukunan antar umat beragama dan suku tetap terjalin baik” ujarnya.

Akiang juga berharap agar agenda budaya ini tetap dapat dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang secara rutin. Sebab dari acara yang berlangsung hari ini terlihat antusiame yang tinggi tidak hanya datang dari masyarakat Kota Tangerang, tapi juga masyarkat dari luar Kota Tangerang khususnya warga keturunan Tionghoa sangat antusias.

Bahkan beberapa peserta yang mengikuti kirab berasal dari Vihara-vihara se-Jabodetabek.” Paling tidak ada 17 Vihara se-Jabodetabek yang mengirimkan utusannya untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini” ujar Ong AKiang

 

One thought on “Berbagai Agama dan Budaya di Kota Akhlaqul Karimah, Tetap Bersatu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s