Disdukcapil Operasikan Mobil KTP Keliling

Layanan Mobil KTP Keliling Pemerintah Kota Tangerang yang sedang berjalan

PEMKOT TANGERANG ***- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkot Tangerang, Rabu (9/3) siang, mengoperasikan mobil KTP keliling dilingkungan Puspemkot Tangerang, Pengoperasian mobil tersebut merupakan salah satu upaya Disdukcapil dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam melengkapi administasi kependudukannya.

Mobil KTP keliling dialokasikan untuk menyambangi tempat-tempat strategis keramaian dan lokasi yang jauh dari pusat pemerintahan. Dengan demikian Disdukcapil tidak hanya menunggu masyarakat melengkapi kelengkapan administrasi kependudukannya melainkan juga melakukan upaya jemput bola, sehingga pemerataan administrasi kependudukan dapat tercipta di Kota Tangerang.

Hal ini disampaikan Kasi Pendaftaran Penduduk, Darma Budi Mulia saat ditemui penulis dilokasi. Darma mengatakan bahwa pemilihan lokasi saat ini di Puspemkot adalah untuk membantu para pegawai dan masyarakat sekitar untuk melakukan tertib adminstrasi, dimana dengan layanan mobil KTP keliling, masyarakat dalam membuat ataupun memperpanjang KTP ataupun KK.

“Sebenarnya untuk lokasi dipemerintahan ini untuk yang kedua kalinya, beberapa waktu lalu diadakan di Gedung Cisadane dan sekarang di Puspemkot. Hingga pukul 13.00 sudah ada sekitar 30 pemohon yang memperpanjang KTP disini, yang pasti sesuai dengan ketentuan pengurusan surat-surat ini nol rupiah, ” ujarnya.

Untuk kedepan, Disdukcapil sudah merencanakan akan menyambangi beberapa lokasi dikota Tangerang, seperti mall, ataupun lokasi keramaian lainnya, dengan tidak mengeyampingkan mendatangi lokasi-lokasi yang jauh dari pusat pemerintahan seperti Kelurahan atau Kecamatan. Pelayanan mobil KTP kelilingpun tak kalah profesional dengan pelayanan dikantor, dimana pengecekan Nomor Induk Penduduk (NIK) juga bisa dilakukan disini.

“Jadi tahapannya begitu ada pemohon, kita entri data , lalu dicetak akan tetapi tidak dapat langsung diambil karena harus ditandatangani camat wilayahnya terlebih dahulu, sekitar dua hari proses baru KTP bisa diambil di kantor Disdukcapil di Gedung Cisadane,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang pemohon perpanjangan KTP, Aan Srihanah mengatakan bahwa ia sangat terbantu dengan adanya mobil pelayanan KTP keliling ini, karena ia dapat memperpanjang KTPnya yang telah habis sejak tahun 2008. “Alhamdulillah Pemerintah semakin memperhatikan kebutuhan warganya, dengan adanya mobil seperti ini banyak membantu, karena dengan begini kita yang punya kesibukan tidak harus berjauh-jauh untuk kekantor pemerintahan, selain itu gratis dan pembuatannya tidak lama,” ujarnya .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s