7.905 Siswa SMA/SMK dan MA di Lebak, Siap Ikuti UN

KAB. LEBAK ***- Sebanyak 7.905 siswa SMA/SMK dan MA di Kabupaten Lebak, Banten, menyatakan siap mengikuti Ujian Nasional (UN) yang akan digelar 18 April 2011.

” Kami sudah maksimal untuk persiapan UN dengan mengoptimalkan bimbingan belajar dan ‘try out’ di sekolah masing-masing,” kata Kepala Bidang SMP dan SMA/SMK Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak,  H Asep Komar Hidayat di Rangkasbitung, Lebak, Senin kemarin.

Asep juga mengatakan bahwa, jumlah 7.905 siswa itu terdiri dari SMA sebanyak 4.359 siswa, SMK 2.634 siswa dan MA 1.512 siswa.

Mereka saat ini terus mengoptimalkan bimbingan belajar untuk meraih nilai kelulusan UN. Sebab pelaksanan UN tahun ajaran 2010-2011 hanya satu kali dan tidak ada ujian susulan. “Kami berharap mereka bisa menjawab lembaran soal mata pelajaran yang di-UN-kan,” katanya

Kabid SMP dan SMA/SMK ini lebih jauh menjelaskan, kelulusan UN tahun ini digabungkan dengan hasil nilai ujian sekolah sekitar 40 persen dan 60 persen nilai UN. Jadi nilai gabungan tersebut harus diraih oleh siswa dengan nilai rata-rata 5,5, sehingga mereka baru dinyatakan lulus. “Jika siswa meraih nilai di bawah 5,5 dipastikan mereka tidak akan lulus dan harus mengikuti ujian paket C,” katanya.

Asep menambahkan, pihaknya menargetkan pada UN 2011 di atas 95 persen, karena sebelumnya sudah dipersiapkan secara matang oleh sekolah bersangkutan. Selain itu juga dilakukan sosialisasi soal UN kepada seluruh guru juga dan kelompok kerja kepala sekolah (K3S).  ” Dengan sosialisasi itu diharapkan bisa mendongkrak kelulusan untuk UN,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Cibadak Kabupaten Lebak Tuti Tuarsih mengatakan, pihaknya optimistis jumlah peserta UN sebanyak 145 orang itu ditargetkan 100 persen lulus karena hasil ‘try out’ atau ujian percobaan pada mata pelajaran yang di-UN-kan mereka rata-rata meraih nilai enam. “Saya yakin dengan hasil ujian percobaan yang diselenggarakan sekolah itu dipastikan lulus pada UN nanti,” katanya.   (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s