DINKES PROV BANTEN ALOKASIKAN DANA JAMKESDA Rp 5 M.

PROV BANTEN ***- Dinas Kesehatan Provinsi Banten mengalokasikan anggaran Rp.5 miliar pada 2011 untuk bantuan keuangan Kabupaten/Kota dalam rangka pelayanan kesehatan rakyat miskin dalam bentuk program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Tahun ini ada sekitar 536 ribu jiwa yang mendapatkan jaminan kesehatan daerah. Mereka adalah orang tidak mampu yang belum termasuk dalam program Jamkesmas,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Banten dr. Drajat di Serang.

Ia mengatakan, alokasi anggran Rp.5 miliar pada 2011 diberikan langsung ke kas kabupaten/kota sesuai dengan jumlah warga yang memperoleh jaminan kesehatan tersebut. Anggaran iru diambil dari APBD Banten 2011 yang diberikan kepada delapan Kabupaten/Kota di Banten.

sebab setengah juta lebih warga miskin (gakin) di Provinsi Banten atau tepatnya sebanyak 536.988 warga saat ini belum memperoleh tunjangan kesehatan dari program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Sehingga pemerintah Kabupaten/Kota diminta untuk melakukan ‘sharing’ anggaran dengan Pemerintah Provinsi Banten untuk mengurangi jumlah warga yang belum mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

“Tahun 2011 Pemprov Banten menganggarkan Rp. 5 miliar untuk program tersebut. Kalaupun nantinya ada kenaikan harga obat dan lainnya, itu menjadi resiko pemerintah daerah sehingga harus menambah  Selain itu, pihaknya juga sudah mengantisipasi dengan memiliki stok obat-obatan dalam upaya mengantisipasi kemungkinan adanya kenaikan harga obat. Program lainnya selain Jamkesda adalah dalam bentuk pelayanan langsung dengan membuka posko kesehatan keliling di desa-desa atau daerah tertentu.

“Tetapi selama ini masih berjalan normal seperti biasanya. Sehingga kami tidak terlalu khawatir,” kata Drajat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, jumlah warga miskin di Banten yang sudah ‘tercover’ program Jamkesmas yang merupakan program pemerintah pusat sebanyak 2.910.506 jiwa, dari jumlah penduduk Banten saat ini sekitar 10,6 juta jiwa. Jamkesmas tersebut mencakup seluruh pelayanan kesehatan, pembelian obat-obatan tertentu sampai pelayanan kesehatan di rumah sakit rujukan.     (*)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s