Rosihan Anwar Tak Kenal Kompromi

Rosihan Anwar

Balikpapan (ANTARA News) – Rosihan Anwar adalah tokoh yang tak kenal kompromi untuk perjuangkan kebebasan berekspresi dan kemerdekaan pers nasional, kata Ketua Dewan Pers periode 2000-2003, Atmakusumah Astraatmadja.

“Mari kita tundukkan kepala sejenak untuk menghormati jasa Pak Ros, terutama dalam memperjuangkan kebebasan pers di negeri ini,” katanya kepada peserta Lokakarya Jurnaslitik Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS)-Dewan Pers dan Kedutaan Norwegia di Balikpapan, Kamis.

Atmakusumah mengemukakan hal itu sesaat mendapat kabar meninggalnya tokoh senior pers nasional Rosihan Anwar dalam usia 89 tahun.

Pak Ros, demikian sapaan akrab kalangan pers bagi Rosihan Anwar, dalam penilaian Atmakusumah yang mantan Kepala Redaksi Harian Indonesia Raya, memiliki semangat yang tidak pudar untuk memajukan pers nasional.

“Semangatnya ini dibuktikannya secara langsung, antara lain dengan tetap menulis secara jernih, lugas, dan tetap sering tanpa kompromi menanggapi berbagai masalah sosial sampai akhir hayatnya,” ujar mantan wartawan dan ketua pekerja Kantor Berita ANTARA tersebut.

Menurut dia, Pak Ros gaya penulisannya sangat terkenal kritis, apalagi saat memimpin redaksi harian Pedoman. “Ini pelajaran positif bagi wartawan Indonesia,” katanya menambahkan.

Sementara itu, tokoh dunia penyiaran Ishadi SK menilai Indonesia kehilangan wartawan besar dengan meninggalnya Rosihan Anwar.

“Ada tiga wartawan besar Indonesia dan semuanya kini sudah tiada. BM Diah, Mochtar Lubis dan kini Rosihan Anwar tutup usia,” kata Ishadi di rumah duka Jalan Surabaya kawasan Menteng Jakarta Pusat.

Ishadi yang menjabat Direktur Utama TVRI (1987-1992)  dan Dirjen Radio Televisi dan Film (1998) , mengatakan dirinya kenal Rosihan sejak 40 tahun lalu dan kedekatan mereka meningkat dalam 15 tahun terakhir.

“Dia sering diajak untuk meliput kampanye, terutama karena insting jurnalistiknya yang tinggi,” kata Ishadi yang kini komisaris Trans Corp.

Menurut Ishadi, Rosihan dalam usia 89 tahun tetap mampu menulis cerdas dan jernih.    (Ber/A038/P003)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s