VolIy Indoor Putra Gagal Cetak Emas

PALEMBANG – Dominasi tim voli indoor putra Indonesia di SEA Games XXVI dipatahkan Thailand. Di babak final, Bagus Wahyu dan kawan-kawan dikalahkan Thailand 0-3 di Palembang Sports Convention Center, Minggu 20 November 2011.

Kekalahan dengan skor serupa juga dibukukan Indonesia di penyisihan grup. Thailand memang terlihat tampil lebih siap dan apik dibandingkan Indonesia.

Pertandingan ketat terjadi sejak awal set 1. Indonesia yang dimotori Ayip Rizal sempat unggul 5-2 sebelum Thailand membalikkan keadaan menjadi 8-6. Permainan imbang terus terjadi hingga kedudukan 14-14.

Kejar-mengejar poin terjadi hingga akhir set 1 saat kedudukan 23-23. Pertahanan Thailand yang impresif membuat Indonesia sedikit kesulitan menembus pertahanan Tim Gajah Putih. Tim tamu akhirnya merebut set ini dengan 25-23.

Di set 2, pemain-pemain Indonesia banyak melakukan kesalahan mendasar seperti dalam menerima bola pertama. Alhasil, Thailand langsung melesat dengan keunggulan 11-5.

Mengandalkan spiker Raksakaew Jirayu, Thailand semakin meninggalkan Indonesia 19-11. Terlebih blok-blok yang dilakukan Tim Merah Putih sangat rapuh dan mudah ditembus.

Thailand terus memimpin hingga 23-16. Dan ditandai smes dari Jirayu yang gagal diblok dengan sempurna, Thailand akhirnya menutup set 2 dengan 25-17.

Di set 3, Indonesia tidak bisa berbuat banyak dan selalu tertinggal dari Thailand. Pelatih Li Qiu Jiang terlihat sudah kehabisan akal untuk membongkar permainan apik Thailand. Jirayu cs terlihat lebih matang dan melakoni persiapan lama.

Tim pelatih Thailand sepertinya mengondisikan tim asuhannya untuk bisa menghadapi segala macam strategi Mr Li yang sudah lama menangani Tim Merah Putih. Para pemain Indonesia pun tak bisa berbuat banyak sehingga harus menyerah 25-19 di akhir pertandingan.

Satu Emas

Dengan hasil ini, maka tim putra Indonesia gagal mempertahankan dominasi emas yang telah dipelihara pada SEA Games 2007 dan 2009. Tim besutan Li Qiujang tersebut gagal melakukan hattrick emas di SEA Games 2011. Perunggu di nomor putra direbut Myanmar setelah mengalahkan Vietnam 3-1 (25-15, 25-18, 14-25, 25-17).

Di bagian putri, Indonesia merebut medali perunggu setelah mengalahkan Myanmar 3-1 (25-19, 17-25, 25-16, 25-13). Sedangkan emas diraih tim putri Thailand usai menundukkan Vietnam 3-1 (21-25, 25-20, 25-15, 25-14).

Dengan hasil ini, Indonesia hanya menyumbangkan satu emas dari cabang Bola Voli. Emas semata wayang dipersembahkan Voli Pantai putra yang mencetak All Indonesian Finals.

Sebaliknya, jika tim voli indoor putra gagal mencetak hattrick, pasangan Voli Pantai putra, Koko Prasetyo/Andy Ardiansyah sukses melakukannya setelah meraih emas di SEA Games 2007 dan 2009. (ren)

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s