UU Pemilu Anut Sistem Terbuka, 2 Artis Berniat Masuk Gerindra

JAKARTA,-    Undang-Undang Pemilu baru disahkan pada rapat paripurna, Kamis (12/4) kemarin. Salah satu poin penting adalah tetap diberlakukannya sistem pemilu terbuka, seperti tahun 2009. Dengan sistem itu, figur populer berpeluang besar terpilih. Tak heran fugur populer tertarik. Partai Gerindra mengaku diminati dua artis untuk menjadi anggota DPR.

“Akan makin marak artis-artis dengan suara terbanyak sistem terbuka. Dua artis SMS saya siap mau masuk. Saya kaget baru kemarin disahkan sudah ada yang SMS dan membisikkan,” kata anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Martin Hutabarat di DPD/DPR/MPR RI, Jakarta, Jumat (13/4).

Menurut Martin, dengan sistem pemilihan umum terbuka membuat bakal calon anggota DPR dari artis berpeluang terpilih. Mereka bisa mengandalkan uang dan popularitas. Sementara kualitas terabaikan. Namun begitu, kata Martin, tak semua anggota DPR berlatarbelakang artis bermutu rendah. Ia menyebut nama Dedi Gumelar dari Fraksi PDI Perjuangan yang dinilai bagus.

Ada sejumlah selebritas yang duduk di Parlemen. Antara lain Rachel Maryam Sayidina dan Jamal Mirdad. Ada pula Vena Melinda dan Angelina Sondakh di Fraksi Partai Demokray, Primus Yustisio dan Eko Patrio di Fraksi Partai Amanat Nasional, Rieke Diah Pitaloka dan Dedi Gumelar di Fraksi PDI Perjuangan dan Nurul Arifin di Fraksi Partai Golkar.

Kemarin, UU Pemilu memutuskan ambang batas di Parlemen sebesar 3,5 persen dan berlaku nasional, sistem penghitungan suara kuota murni, jumlah kursi per daerah pemilihan sebanyak 3-10 kursi untuk DPR dan 3-12 kursi bagi DPRD serta sistem pemilu terbuka.(Mtr-tvn/Andhini)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s