Para Kapolda Di Minta Amankan Wilayah

Gambar

JAKARTA – : Selain pengamanan menjelang Pemilu 2014, Jenderal Polisi Timur Pradopo selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia mengingatkan kepada para Kapolda yang baru, untuk mengamankan pelaksanaan APEC yang akan diselenggarakan pada Oktober 2013 mendatang.

 ” kita punya agenda pengamanan dalam rangka pertemuan negara-negara kelompok APEC, dan ini harus menjadi perhatian As Ops serta para Kapolda untuk mengamankan wilayah,” kata Kapolri dalam acara Sertijab Asisten Operasi Polri serta Tujuh Kapolda, Senin (16/9) di Jakarta. Agenda besar berikutnya adalah pengamanan Pemilu 2014. Pihaknya meminta para kapolda untuk mengecek sejauh mana para kapolres menindaklanjuti Apel Kapolres Untuk Pengamanan Pemilu 2014 yang telah diadakan beberapa waktu lalu.

Menurutnya, semua hal yang bisa menggagalkan pemilu termasuk diantaranya permasalahan sosial harus menjadi tanggung jawab para kapolda untuk menyelesaikan.

Selain Pemilu, dinamika pelaksanaan pilkada di setiap daerah juga harus ditangani dengan baik oleh para kapolda karena dalam pelaksanaannya yang sering terjadi sengketa dan keributan.

 Dalam kesempatan tersebut, Kapolri meminta para kapolda untuk tidak hanya menunggu permasalahan datang, tetapi belajar dari evaluasi tugas kapolda sebelumnya maupun melakukan studi wilayah dari polda-polda lain sehingga langkah kebutuhan pengamanan yang diperlukan dapat disiapkan dan disusun lebih awal.

 “Para kapolda tidak berangkat dari nol, tapi evaluasikan langkah-langkah yang telah dilakukan oleh kapolda sebelumnya sehingga selalu siap menghadapi masalah,” katanya.

Pada Senin (16/9), Kapolri Jenderal Timur Pradopo memimpin serah terima jabatan As Ops Polri dan tujuh kapolda di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta.

 Sertijab kedelapan perwira tinggi (pati) tersebut yakni Irjen Pol Wachyunadi yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Bali menjadi As Ops Polri, Brigjen Pol Albertus Julius Benny Mokalu dari Kapolda Bengkulu menjadi Kapolda Bali, Brigjen Pol Machfud Arifin, sebelumnya sebagai Kapolda Malut menjadi Kapolda Kalsel, Brigjen Pol Tatang Somantri dari Karobinopsnal Baharkam menjadi Kapolda Bengkulu.

Selain itu, Brigjen Pol Muhammad Zulkarnain (dari Karokurlum Lemdikpol menjadi Kapolda Banten), Brigjen Pol Andjaja yang sebelumnya Karo RBP Srena Polri menjadi Kapolda Gorontalo, Brigjen Pol Arie Sulityo dari Wakakorbrimob Polri menjadi Kapolda Kalimantan barat dan Brigjen Pol Sobri Effendy Surya yang sebelumnya Kasespimma Lemdikpol menjadi Kapolda Maluku Utara.

 Mutasi jabatan tersebut berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1772/IX/2013 tanggal 9 September 2013 dan Surat Keputusan Kapolri Nomor: Kep/623/IX/2013 tanggal 9 September 2013 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri.  (ant)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s